Cara Membuat Blog

1. Buka aplikasi browsing “Mozilla Firefox” atau “Opera”, untuk masuk ke halaman Google seperti pada tampilan di bawah ini:Klik pada button / tombol “Penelusuran Google”. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut ini:2. Pada kolom pencarian di atas, ketikkan “Blogger” yang selanjutnya Google akan menampilkan beberapa situs yang berkaitan dengan Blog (termasuk di antaranya adalah aplikasi untuk membuat blog gratis), seperti terlihat pada tampilan berikut ini:Selanjutnya klik pada situs yang menawarkan aplikasi pembuatan blog gratis dalam versi Bahasa Indonesia agar pembuatannya lebih mudah (perhatikan pada lingkaran hitam di atas). Berikutnya akan muncul tampilan berikut ini:3. Bagi yang sudah punya akun Gmail, langsung saja “Login” atau “Masuk” dengan mengisi Email dan Sandi pada kolom yang tersedia, dan bagi yang belum punya akun Gmail, harus membuat akun Gmail terlebih dahulu dengan meng-klik tombol “Daftar Akun Google baru” di atas. Untuk tutorial pembuatan Akun Gmail klik link ini : Cara Membuat Akun Gmail. Setelah login, selanjutnya akan muncul form pendaftaran blog berikut ini:Pada kolom yang dihitamkan di atas adalah “Alamat email” dan “Nama Anda” yang muncul secara otomatis pada saat “Login” atau “Masuk” (sengaja dihitamkan untuk menjaga privasi pada saat pembuatan tutorial ini).

4. Langsung saja kalian masukkan Nama Tampilan pada kolom tersedia yang akan digunakan untuk menandai posting blog kalian, selanjutnya pilih jenis kelamin dan beri tanda centang pada kotak “Saya menerima Persyaratan dan Layanan”, berikutnya klik “LANJUTKAN” dan akan muncul tampilan berikut ini:5. Tampilan di atas adalah akun Dasbor yang belum ada blognya. Untuk mulai mengelola blog, kalian bisa langsung klik tombol “CIPTAKAN BLOG ANDA” di atas, selanjutnya akan muncul tampilan berikut ini:6. Pada kolom Judul Blog di atas, kalian isikan Nama Blog yang kalian inginkan, yang akan muncul pada blog yang kalian publikasikan. Selanjutnya isikan alamat blog (URL) pada kolom tersedia yang akan digunakan untuk mengakses blog kalian. Cek ketersediaannya, apakah URL yang kalian masukkan sudah dipakai atau belum. Masukkan karakter gambar pada kolom yang tersedia. Berikutnya klik “LANJUTKAN” dan akan muncul tampilan berikut ini:7. Langkah selanjutnya adalah memilih template yang akan digunakan sebagai tampilan pada blog kalian. Pilih salah satu template yang kalian inginkan. Pemilihan template ini akan menentukan langkah selanjutnya. Berikutnya klik “LANJUTKAN” dan akan muncul tampilan berikut ini:8. Tampilan di atas menunjukkan blog yang kalian buat sudah jadi, selanjutnya tinggal dikelola dan diubahsuaikan sesuai dengan keinginan kalian, hal ini tergantung pada improvisasi dan kreativitas kalian. Klik pada tombol “MULAI BLOGGING”, berikutnya akan muncul tampilan Dasbor berikut ini:9. Buatlah sebuah Entri pada menu “Posting” di atas. Ketikkan Judul Entri yang ingin kalian tulis, selanjutnya tulis isi entri pada kolom yang disediakan. Contoh misalnya:Setelah selesai mengisi judul dan kolom entri, klik tombol “TERBITKAN ENTRI” untuk menampilkan entri pada blog kalian. (Bagi yang sudah terbiasa menggunakan bahasa pemrogaman dengan kode HTML (script), klik pada tombol “Edit HTML” di atas kolom entri).

Selain sub menu “Entri Baru”, pada menu “Posting” ini juga tersedia sub menu “Edit Entri” untuk mengedit entri yang sudah diterbitkan dan sub menu “Edit Laman” untuk membuat halaman baru pada blog.

10. Berikutnya, klik pada menu “Setelan” untuk men-setting tampilan blog yang akan dipublikasikan, seperti pada contoh tampilan di bawah ini:Pada kolom Judul, bisa dirubah sesuai dengan keinginan kalian. Pada contoh di atas, dibuat Judul dengan nama “TIKOM SMPN 2 SOBANG”. Untuk kolom Uraian, kalian isikan kalimat (maksimal 500 karakter) untuk memberikan gambaran tentang blog yang kalian buat. Pada kolom-kolom isian di bawahnya, ikuti petunjuk yang ada. Terakhir klik tombol “SIMPAN SETELAN” untuk menyimpan setting-an yang sudah kalian buat. Lihat pada tampilan di bawah ini:11. Setelah menu “Setelan” selesai di-setting, selanjutnya klik menu “Rancangan” untuk membuat design tampilan pada blog yang kalian publikasikan. Lihat contoh di bawah ini:Laman blog di atas terdiri dari 3 kolom (hal ini tergantung pada template yang dipilih). 1 kolom untuk sidebar sebelah kiri, 1 kolom untuk sidebar sebelah kanan, dan 1 kolom tengah untuk diisi posting-an blog yang kalian buat.

Untuk menambah gadget / widget, klik pada tombol “Tambah Gadget”, selanjutnya browser akan menampilkan jendela baru untuk pilihan beberapa gadget yang bisa ditampilkan pada blog kalian. Lihat pada contoh tampilan di bawah ini:Pada jendela browser di atas, ada 4 (empat) kategori pilihan gadget, pilih salah satu atau beberapa gadget sesuai keinginan kalian dengan menekan tombol “[+]”.

Selanjutnya, untuk merubah tampilan gadget yang sudah ditambahkan, klik tombol “Edit”. Lihat pada contoh tampilan di bawah ini:Tampilan di atas adalah contoh untuk pengeditan “Header” (Kepala Halaman) yang berisi “Judul Blog” dan “Deskripsi Blog”. Silahkan edit gadget lainnya yang telah ditambahkan sesuai dengan keinginan kalian.

(Bagi yang sudah terbiasa dengan Kode HTML, klik tombol “Edit HTML” pada sub menu di atas).

Setelah dianggap selesai, klik tombol “SIMPAN”.

12. Untuk melihat tampilan blog yang sudah dibuat, klik pada tombol “Lihat Blog” pada Menu sebelah kanan. Lihat pada contoh di bawah ini:Tampilan di atas adalah salah satu contoh Blog dengan judul “TIKOM SMPN 2 SOBANG”. Untuk selanjutnya, silahkan kalian buat blog dengan judul sesuai dengan keinginan kalian masing-masing.

 THE END

Berikan Komentar: