Mengenal Tampilan Microsoft Office Word 2007

Sebelum dijelaskan satu-persatu bagian dari screen layout Microsoft Office Word 2007, berikut ini adalah tampilan layar daripada  Microsoft Office Word 2007, yaitu:

Tampilan Ms. Word 2007

1.   Tombol Office (Office Button)

Office button merupakan tombol yang berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan dokumen seperti membuat dokumen baru (New), membuka dokumen (Open), menyiman dokumen (Save), mencetak dokumen (Print), menutup dokumen (Close) dan sebagainya.

office button

2.   Baris Judul (Title Bar)

Baris judul (title bar) berfungsi untuk menampilkan nama dokumen yang sedang aktif di jendela word. Nama dokumen tersebut sesuai dengan nama file dari dokumen tersebut. Apabila dokumen yang ditampilkan belum pernah disimpan, nama dokumen yang ditampilkan adalah Document 1, Document 2, Document 3, dan seterusnya.

title bar

3.   Kontrol Jendela

Kontrol jendela merupakan tombol yang berada sebarus dengan baris judul (title bar) yang terletak di bagian kanan atas.

Kontrol Jendela

Kontrol jendela tersebut terdiri atas:

a. Minimize, merupakan tombol untuk memperkecil tampilan jendela.

b. Maximize, merupakan tombol untuk memperbesar tampilan jendela. Apabila tombol ini diklik maka tampilan akan penuh di layar dan kemudian akan muncul tombol Restore Down, seperti gambar di bawah ini:

restore down

c. Close, berfungsi untuk menutup jendela.

4.   Quick Access Toolbar

Quick access toolbar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah yang sering digunakan.

quick access toolbar

5.   Baris Menu (Menu Bar)

Baris menu (menu bar) berisi barisan perintah berupa menu, meliputi HomeInsertPage Layout, References, Mailings, Review, View, dan Add-Ins.

Menu Bar

6.   Ribbon

Ribbon berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari menu bar. Pada Microsoft Word sebelumnya, ribbon ini disebut sebagai toolbar. Berikut ini adalah contoh ribbon dari menu Home, yaitu:

ribbon

7.   Mistar (Ruler)

Mistar (ruler) merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal (di atas dokumen), dan vertikal (di sebelah kiri dokumen). Ruler ini berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.

ruler

8.   Status Bar, View Toolbar (View Buttons), dan Zoom Slider

status bar, view button, zoom slider

a. Status bar, yaitu baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan, antara lain page (menampilkan informasi halaman yang sedang aktif dan jumlah halaman) dan words (menampilkan informasi jumlah kata, huruf (dengan dan/atau tanpa spasi), paragraf, dan baris.

b. View toolbar (view buttons) berisi pengaturan jenis tampilan dokumen, yaitu Print LayoutFull Screen ReadingWeb LayoutOutline, dan Draft.

c. Zoom slider berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil ukuran tampilan halaman secara cepat.

9.   Kursor (Insertion Point)

Kursor (insertion point) berupa garis vertikal yang berkedip-kedip yang berada di halaman dokumen. Kursor menunjukkan posisi karakter yang sedang aktif. Penempatan atau pemindahannya bisa dilakukan dengan tombol navigasi pada keyboard atau menggunakan mouse.

insertion point

10. Baris Penggulung (Scroll Bar)

Baris penggulung (scroll bar) berfungsi untuk menggeser halaman dokumen yang ditampilkan. Ada dua buah scroll bar, yaitu vertical scroll bar (digunakan untuk menggeser halaman dokumen ke arah atas atau bawah) dan horizontal scroll bar (digunakan untuk menggeser halaman dokumen ke arah kanan atau kiri).

scroll bar

Berikan Komentar:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s