Sejarah Komputer

Proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia sejak zaman dahulu. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, manusia
berhasil menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk mempercepat penghitungan dan pengolahan data. Misalnya, komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia.

Saat ini, komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan biasa. Contohnya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, ataupun jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.

1. Komputer ABC (Atanasoff-Berry Computer)

Replika Komputer ABC

Replika Komputer ABC

Komputer ABC berhasil diciptakan pada November 1939 oleh Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry. Dr. Atanasoff mengembangkan komputer elektronik digital pertama sejak 1937-1942.

Komputer ABC lebih unggul dari mesin hitung lain yang ada pada saat itu, karena mampu menyelesaikan 29 persamaan linear secara bersamaan. Komputer ABC mampu mendapatkan hasil perhitungan dengan lebih cepat dibandingkan mesin penghitung lainnya. Komputer ABC tidak dilengkapi dengan CPU (Central Processing Unit). Komputer ABC hanya menggunakan tabung hampa (vacuum tube) untuk mempercepat proses perhitungan.

2. Komputer ENIAC

Pada 1946, Dr. John W. Mauchlybekerja sama dengan Mr. J. Presper Eckert untuk mengembangkan sebuah mesin yang bisa menghitung lintasan peluru untuk Angkatan Darat Amerika. Hasilnya adalah sebuah komputer elektronik skala besar yang yang bernama ENIAC. Komputer ENIAC memiliki kecepatan perhitungan ribuan kali lebih cepat dari mesin pendahulunya. Beratnya 30 ton, menempati ruangan seluas 1500 kaki kuadrat, dan memiliki lebih dari 18.000 tabung hampa udara (vacuum tube). Hasil yang mengagumkan pada ENIAC menandakan dimulainya komputer generasi pertama.

Replika Komputer ENIAC

Replika Komputer ENIAC

3. Komputer Generasi Pertama

Komputer Generasi Pertama

Komputer Generasi Pertama

Komputer generasi pertama dikarakteristikan dengan keistimewaan yang sangat mencolok pada ENIAC, yaitu tabung hampa udara. Sampai 1950, beberapa komputer lain menggunakan tabung tersebut. Setiap komputer memberikan kemajuan yang berarti dalam pengembangan komputer. Pengembangan tersebut termasuk binary aritmetic, random access, dan konsep dari program yang tersimpan.

Pada 1951, The U.S. Bureau of Cencus menginstalasi komputer komersial pertama yang bernama Universal Automatic Computer I(UNIVAC I). UNIVAC I dikembangkan oleh Mauchlydan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.

4. Komputer Generasi Kedua

Komputer Generasi Kedua

Komputer Generasi Kedua

Penemuan transistor makin praktis bagi setiap orang. Untuk itu, dalam bisnis pemrosesan data, penggunaan transistor menandakan dimulainya komputer generasi kedua. Dengan penggunaan trasnsistor, komputer makin berkinerja, lebih diandalkan, dan harganya lebih murah. Selain itu, penyimpanan komputer tidak memerlukan tempat yang terlalu luas dan komputer menghasilkan panas lebih sedikit.

Karakteristik yang dominan pada komputer generasi kedua adalah penggunaan transistor. Selain itu, tidak ada kompatibilitas yang berbeda antarpabrik, karena adanya bahasa pemrograman low-level.

5. Komputer Generasi Ketiga

Komputer Generasi Ketiga

Komputer Generasi Ketiga

Beberapa ahli sejarah menganggap peristiwa terpenting dari sejarah komputer terjadi ketika IBM meluncurkan komputer System 360 pada 7 April 1964. System 360 termasuk ke dalam komputer generasi ketiga. Integrated Circuits (IC) merupakan teknologi baru dari generasi ini, seperti halnya transistor pada generasi kedua.

Masalah-masalah kompatibilitas pada komputer generasi kedua hampir hilang pada komputer generasi ketiga ini. Bagaimanapun juga, komputer generasi ketiga sama sekali berbeda dengan generasi kedua. Perubahannya merupakan revolusioner, bukan evolusioner, dan menyebabkan konversi yang besar-besaran untuk ribuan komputer yang ada.

Pada pertengahan 1960, hampir jadi kenyataan bahwa setiap instalasi komputer dapat berkembang dengan cepat. Sebuah karakteristik yang penting pada komputer generasi ketiga ini adalah upward compatibility (kompatibilitas ke atas). Artinya, perusahaan bisa membeli komputer dari vendor, kemudian jika perlu meng-upgrade ke komputer yang lebih canggih, tidak perlu memprogram ulang sistem informasi yang ada.

Komputer generasi ketiga bekerja sangat cepat (pada masanya) sehingga bisa menjalankan satu program secara bersamaan (multiprogramming).

6. Komputer Generasi Keempat

Beberapa vendor mengumumkan “komputer generasi keempat” dan beberapa yang mengumumkan “komputer generasi kelima”. Ini hanyalah strategi pasar saja. Tiga generasi sebelumya dibedakan dengan terobosan teknologi elektronik penting, yaitu lampu tabung hampa udara, kemudian transistor, dan  integrated circuit. Generasi keempat muncul dengan perkembangan yang tidak begitu mencolok, hanya dalam bentuk komputer dan software yang agak maju saja. Dan mungkin komputer generasi ini tidak akan seberuntung generasi sebelumnya dalam hal merajai pasar dunia sebelum terobosan teknologi baru berikutnya. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang sering menyebut generasi ini sebagai generasi 3½.

a. Micropocessor

Microprocessor

Microprocessor

Salah satu dari banyaknya kontribusi dalam pemunculan komputer generasi berikutnya adalah microprocessor. Micro-processor terkandung dalam sebuah chip silikon tunggal. Microprocessor pertama kali didemonstrasikan oleh Texas Instruments pada 1971. Harganya bisa beberapa dollar saja dan bisa ditemukan pada apapun, dari mesin sampai satelit.

b. Microcomputer

Personal Computer (PC)

Personal Computer (PC)

Microcomputer merupakan alat pemroses yang kecil, relatif tidak mahal, tetapi berkinerja tinggi. Microprocessor terkandung dalam sebuah komputer yang bernama microcomputer. Sedangkan, microcomputer memungkinkan pemakaian pada bisnis kecil dan pribadi. Microcomputer juga biasanya disebut personal computer (PC).

Tipe suatu PC ditentukan oleh processor yang digunakan. Processor pertama yang digunakan pada PC adalah 8086 dari INTEL yang dipakai pada komputer jenis XT (eXtended Technology), kemudian disusul dengan processor 8088. Selanjutnya, muncul processor 80286 yang digunakan pada PC jenis AT (Advanced Technology). Kinerja AT 10 – 15 kali lebih cepat dari XT, dan kecepatan turbonya 5 – 9 kali kecepatan turbo XT. Berikutnya muncul processor 80386SX, 80386DX, 80486SX, dan 80486DX. Perbedaan 80386SX dengan 80386DX hanya terletak pada lebar data bus saja.

Nama Pentium dipakai karena seri 80568 sudah dipakai terlebih dahulu oleh AMD dengan seri 805×86-P75. Bedanya Pentium dengan Pentium Pro hanya sebatas kecepatan aksesnya saja. Sedangkan, pada Pentium MMX, Pentium II, dan Pentium III merupakan penambahan beberapa instruksi baru yang berguna dalam hal multimedia (MMX/ISSE). Pentium Celeron sebenarnya Pentium II juga, hanya saja pada Celeron jumlah cache memorydihilangkan atau dikurangi. Hal ini dilakukan karena harga Pentium II sangat mahal dan pengurangan cache memoryini bisa menekan harga sampai setengahnya tanpa mengorbankan kinerja.

 

Referensi :
Buku Sekolah Elektronik – Kementerian Pendidikan Nasional

2 comments on “Sejarah Komputer

  1. Ping-balik: sejarah komputer | maci ibon ( Maulana Ikhsanul Kamil )

Berikan Komentar:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s