Perangkat Keras (Alat Input)

Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Perangkat keras (hardware) merupakan suatu komponen yang bersifat fisik. Komponen ini merupakan suatu komponen yang dapat dilihat dan disentuh. Beberapa macam perangkat keras komputer di antaranya adalah CPU, monitor, mouse, keyboard, printer, speaker, dan scanner. Perangkat-perangkat tersebut mempunyai fungsi tertentu, misalnya sebagai alat input, alat proses, media penyimpanan data, atau alat output.

1. Alat Input (Input)

Alat input berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol, suara, atau gambar ke dalam komputer. Selain itu, alat input juga dapat berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode perintah ke dalam bahasa mesin, dan mengirimkan data tersebut ke storage (penyimpanan). Perangkat keras yang termasuk alat input adalah keyboard, mouse, gamepad, joystick, scanner, touchpad, trackball, web camera, dan mikrofon.

a.  Keyboard

Keyboard merupakan perangkat untuk mengetik atau memasukkan data berupa huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Oleh karena itu, keyboard disebut juga sebagai papan ketik.

Keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau cara pintas yang telah diatur sebelumnya.

Keyboard

Keyboard

Ada berbagai jenis tata letak tombol pada keyboard. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY yang meniru sistem tata letak huruf pada mesin ketik. Keyboard tipe baru mempunyai tombol tambahan di bagian atas sebagai tombol fungsi (F1, F2, F3, dan seterusnya) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer.

b.  Mouse

Mouse adalah salah satu masukan (input device) yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Mouse dapat digunakan sebagai perintah praktis dan cepat dibandingkan dengan keyboard. Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan.

Mouse pertama kali dibuat pada 1963 oleh Douglas Engelbart yang berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan tiga buah tombol. Pada 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer. Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator.

Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optik untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

Mouse pertama di dunia

Mouse pertama di dunia

Mouse

Mouse

Pada mouse mekanik, bola akan berputar pada saat mouse digerakkan. Penggulung mouse akan mencengkeram bola dan memindahkan gerakan. Cakram akan menerjemahkan gerakan menjadi kode optikal lewat lubang cahaya. LED inframerah akan memancarkan lewat cakram. Setelah itu, sensor akan mengumpulkan pantulan cahaya untuk mengubah posisi X dan Y kursor pada monitor.

c.  Gamepad

Gamepad, dikenal juga dengan joypad atau controlpad, merupakan tipe pengontrol permainan video yang mengutamakan penggunaan jari, khususnya ibu jari, untuk menjalankannya. Gamepad umumnya memiliki tombol aksi di sebelah kanan dan pengontrol arah di sebelah kiri. Awalnya pengontrol arah terbatas pada empat arah (D-pad), namun gamepad modern umumnya memiliki tuas analog sebagai pendukung atau penggantinya.

Gamepad

Gamepad

Gamepad dapat digunakan sebagai alat input pada komputer, asalkan mempunyai connector yang sesuai dengan port pada CPU. Namun, sekarang sudah banyak dijual gamepad yang dapat digunakan pada komputer.

d.  Joystick

Joystick adalah alat input pada komputer berupa tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

Joystick

Joystick

e.  Scanner

Scanner adalah perangkat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen dan foto. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Oleh karena itu, scanner merupakan alat input data berupa gambar atau dokumen.

Scanner

Scanner

Jika dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, scanner terdiri dari dua jenis, yaitu sebagai berikut:

1)  Flatbed

Pada scanner flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor scanner akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.

2)  Automatic Document Feeder (ADF)

Pada scanner Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, kemudian satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik scanner yang berada di assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu scanner, sensor scanner bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan scanner Automatic Document Feeder (ADF) adalah:

  • Kecepatannya tinggi, dapat mencapai lebih dari 10.000 lembar per jam.
  • Dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan.
  • Scannerdapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai.

f.  Touchpad

Touchpad adalah pad kecil yang dibuat dari bahan yang sensitif terhadap sentuhan atau tekanan. Fungsi touchpad sama dengan tetikus (mouse) karena memiliki bagian sensor penunjuk (cursor) dan tombol untuk mengklik. Biasanya touchpad digunakan pada laptop (notebook).

Touchpad

Touchpad

g.  Trackball

Trackball adalah alat penunjuk berupa bola kecil yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Trackball umumnya terdapat pada tetikus modern. Trackball mensimulasikan pergerakan vertikal tetikus sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.

Trackball

Trackball

h.  Web Camera

Web camera (webcam) adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui port USB atau port COM. Sebuah web camera sederhana terdiri dari sebuah lensa standar untuk menangkap sinyal gambar, casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar, lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar, kabel support yang salah satu ujungnya dihubungkan ke komputer dan ujung satu lagi memiliki connector.

Web Camera

Web Camera

Sebuah web camera biasanya dilengkapi dengan  software  yang dapat mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam interval waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Selain gambar, web camera juga dapat mengambil video dari kamera digital sehingga dapat disimpan dalam komputer. Oleh karena itu, web camera merupakan alat input data berupa gambar dan video.

Ada berbagai macam merek web camera, di antaranya adalah Logitech, Sunflower, dan sebagainya. Webcam biasanya memiliki resolusi sebesar 352 × 288 atau 640 × 480 piksel. Namun, ada juga yang resolusinya hingga 1 megapiksel. Sekarang, hampir semua kamera digital dan HP dapat dijadikan sebagai web camera.

i. Mikrofon

Mikrofon

Mikrofon

Mikrofon merupakan alat input yang berfungsi untuk mengubah gelombang bunyi menjadi isyarat listrik. Data yang dapat dimasukkan ke dalam komputer melalui mikrofon berupa gelombang suara atau bunyi. Mikrofon sering digunakan untuk proses perekaman suara ke komputer.

Referensi :
Buku Sekolah Elektronik – Kementerian Pendidikan Nasional

One comment on “Perangkat Keras (Alat Input)

  1. I just want to say I’m all new to blogging and site-building and really enjoyed your page. Most likely I’m likely to bookmark your website . You amazingly come with impressive articles and reviews. Bless you for sharing with us your website.

Berikan Komentar:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s