Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Peralatan Komunikasi Zaman Dahulu

1. Papyrus

Menurutmu apa jadinya bila tidak ada kertas? Wah, tentunya tidak akan ada buku, koran, majalah, dan surat menyurat. Kertas merupakan alat untuk menulis yang biasa digunakan sehari-hari. Kamu juga menggunakannya, bukan? Tahukah kamu pada zaman dahulu orang juga sudah mengenal kertas. Saat itu orang mengenalnya dengan sebutan  Papyrus.  Papyrus digunakan untuk mencatat sebuah kejadian atau untuk menyimpan data-data perhitungan. Kertas ini terbuat dari daun tumbuhan  papyrus.  Tanaman  papyrus tumbuh di daerah sungai Nil. Tanaman ini hanya dapat hidup di daerah yang lembab dan basah. Daunnya panjang dan tinggi.  Serat pohon ini juga terkenal kuat. Hal ini dapat dibuktikan dengan masih tersimpannya teks-teks yang terbuat dari kertas papyrus di perpustakaan Mesir Kuno. Cara membuat kertas dari  papyrus ini sangat mudah. Orang-orang zaman dahulu hanya perlu melapisi, membasahi, dan mengeringkan daun papyrus.

Papyrus

Papyrus

Namun, sayangnya keberadaan dan penggunaan kertas  papyrus tidak dapat berkembang karena mulai tergeser dengan adanya kulit binatang yang dapat digunakan untuk menulis.

2. Bereguh

Ada berbagai cara yang dilakukan masyarakat untuk dapat berkomunikasi. Hal ini juga dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah pelosok.  Agar mereka dapat saling berkomunikasi dengan lancar dan mudah, dibuatlah sebuah alat komunikasi sederhana. Salah satu alat komunikasi yang dibuat adalah Bereguh.

Bereguh

Bereguh

Bereguh merupakan alat komunikasi tradisional masyarakat Aceh yang penggunaannya dengan cara ditiup. Bereguh ini dapat menghasilkan beberapa nada, tergantung cara meniupnya. Bereguh digunakan untuk berkomunikasi dalam jarak yang berjauhan atau ketika berada dalam hutan. Bereguh terbuat dari tanduk kerbau. Saat ini bereguh sudah jarang digunakan lagi.

3. Kulkul

Alat komunikasi tradisional peninggalan leluhur lainnya adalah Kulkul. Kulkul serupa kentongan yang terbuat dari kayu berongga. Kulkul digunakan oleh masyarakat Bali untuk mengumpulkan warga. Cara menggunakan kulkul dengan dipukul seperti kentongan di Jawa. Ketika kulkul dipukul, semua orang akan berusaha mendengarkan dan mengartikan irama kulkul kemudian melaksanakannya.

Bale Kulkul

Bale Kulkul

Bagi masyarakat Bali, kulkul mempunyai nilai sakral dan keramat. Oleh karena itu, untuk membuat kulkul harus melalui proses yang panjang. Ada tahap-tahap tertentu untuk membuatnya, mulai dari memilih kayu,  menebang, dan akhirnya membuatnya. Untuk tiap tahapan dilakukan berbagai macam upacara untuk menghasilkan kulkul yang memiliki kekuatan magis dan suci.

Kulkul

Kulkul

Sesuai kegunaannya kulkul dibagi menjadi empat jenis, yaitu Kulkul Dewa, Kulkul Bhuta, Kulkul Manusa, dan Kulkul Hiasan. Kulkul Dewa dibunyikan untuk memanggil para dewa. Kulkul Bhuta dibunyikan untuk memanggil Bhuta Kala agar keadaan alam menjadi aman dan tenteram. Kulkul Manusa dibunyikan untuk kegiatan manusia, baik yang sudah disepakati seperti pertemuan, gotong royong, maupun keadaan yang mendadak terjadi seperti banjir,  kebakaran, dan lain sebagainya.  Sedangkan Kulkul Hiasan merupakan kulkul yang dibuat indah dengan diberi hiasan-hiasan. Kulkul hiasan ini biasanya digunakan untuk  souvenir. Setiap jenis kulkul mempunyai irama yang berbeda-beda. Kulkul diletakkan di tempat khusus yang diberi nama Bale Kulkul.  Sampai sekarang kulkul masih digunakan oleh masyarakat Bali.

B. Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Zaman Modern

1. Peralatan Teknologi Informasi

Peralatan teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantumu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Komputer merupakan salah satu peralatan teknologi informasi modern. Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program dan digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.

Komputer

Komputer

Komputer merupakan teknologi informasi  yang sudah tidak asing lagi. Di kantor, di sekolah, di instansi pemerintah, bahkan di rumah-rumah, teknologi tersebut sudah sering ditemui. Komputer memudahkan manusia dalam melakukan berbagai kegiatan. Misalnya melakukan penyimpanan data, mengolah data, sarana hiburan, dan lainnya.

2. Peralatan Teknologi Komunikasi

a. Surat Kabar

Surat Kabar Online

Surat Kabar Online

Surat kabar merupakan lembaran kertas yang menghimpun informasi-informasi. Kertas yang digunakan biasanya mempunyai biaya rendah. Kertas ini disebut kertas koran. Surat kabar memuat berita-berita terkini dan aktual dalam berbagai topik. Topiknya beragam mulai dari politik, kriminal, olahraga, tajuk rencana, sampai cuaca. Surat kabar juga dikembangkan untuk bidang-bidang tertentu, seperti berita untuk industri, penggemar olahraga, penggemar seni, atau
partisipan.

b. Radio

Radio menggunakan gelombang elektro-magnetik untuk mengirimkan suara melalui udara. Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik. Gelombang ini terbentuk  ketika  obyek  bermuatan listrik dimodulasi. Modulasi  adalah teknik menumpangkan sebuah sinyal pada sinyal yang lain.   AM  (Amplitude Modulation) dan FM  (Frequency Modulation) merupakan sistem modulasi yang sering digunakan.

Radio

Radio

Sistem  FM  mempunyai kelebihan dapat menghilangkan gangguan oleh gelombang radio lainnya. FM juga dapat menghilangkan gangguan suara oleh cuaca seperti petir maupun hujan dan menghasilkan suara yang lebih jernih dibanding dengan sistem AM.  Namun, sistem FM mempunyai kelemahan yaitu jangkauan yang kurang luas.

c. Telepon

Telepon digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh bahkan di seberang lautan sekali pun. Saat ini biaya telepon juga relatif mudah dijangkau oleh masyarakat.  Hal ini mempermudah orang untuk menjalin komunikasi jarak jauh.

Telepon

Telepon

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perangkat telepon pun semakin praktis. Dahulu kita tidak dapat membawa telepon kemana-mana,  telepon tersebut dikenal dengan nama telepon tetap (fi  xed line telepon). Saat ini telah marak telepon tanpa kabel.  Telepon  tersebut dapat dibawa kemana pun sesuai kebutuhan kita. Telepon tanpa kabel semacam ini disebut telepon genggam atau handphone (HP). HP bentuknya praktis untuk dibawa kemana pun dengan model yang bervariasi.

Di era teknologi canggih ini, fungsi HP semakin berkembang. HP tidak hanya untuk berbicara satu sama lain dengan jarak jauh.  HP juga digunakan untuk mendengarkan radio, melihat televisi, mendengarkan musik, berfoto, merekam video, atau mengirim foto dan video. Kamu juga dapat mengirim dan menerima tulisan atau gambar berupa pesan singkat yang disebut SMS (Short Message Service) dan MMS (Multimedia Message Service). Bahkan dengan teknologi WAP (Wireless Application Protocol) dan GPRS (General Packet Radio Service), HP dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk browsing internet.

Berdasarkan data dan suara yang dikirimkan, HP dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

1)    GSM atau (Global System for Mobile Communication)
Pada sistem GSM, suara dan data yang dikirimkan berdasarkan satuan waktu (timeslot). Artinya, penggunaan saluran frekuensi menggunakan batasan waktu. Kelebihan dari sistem GSM adalah  mempunyai kualitas komunikasi yang lebih stabil. Sedangkan kekurangannya adalah sulit untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan ketika jaringan sudah penuh.
2)  CDMA (Code Devision Multiple Access)
Pada sistem  CDMA, suara dan data yang dikirimkan dengan menggunakan kode-kode tertentu. Kode-kode ini untuk mengatur setiap  panggilan. Jadi,  CDMA  tidak memiliki frekuensi khusus pada setiap   pemakai. Kelebihan dari sistem  CDMA  adalah mempunyai kapasitas jaringan yang besar sehingga walaupun digunakan secara bersama-sama tetap mempunyai konektivitas yang tinggi. Sedangkan kekurangannya adalah kualitas komunikasi yang tidak stabil.

d. Televisi

Televisi

Televisi

Televisi merupakan media informasi dan komunikasi yang sangat dikenal. Televisi adalah pesawat yang dapat menangkap siaran gambar dan suara dari pemancar. Dengan televisi, kamu dapat melihat lokasi suatu daerah maupun tokoh-tokoh terkenal dalam dan luar negeri. Kejadian alam, pelantikan presiden, dan budaya setiap daerah maupun bangsa lain dengan mudah dapat kamu lihat. Televisi sudah menjadi sumber segala informasi. Bahkan, televisi juga digunakan untuk mempromosikan suatu produk tertentu yang bersifat menguntungkan.

Referensi :
Buku Sekolah Elektronik – Kementerian Pendidikan Nasional

2 comments on “Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

  1. I simply want to tell you that I am just beginner to blogging and site-building and certainly enjoyed your website. Most likely I’m likely to bookmark your blog post . You actually have exceptional articles. Kudos for revealing your blog site.

  2. Ping-balik: mark mania

Berikan Komentar:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s